Tips Berinvestasi Saham Di Perusahaan E-sport Dan Gaming - Melek Duit

Tips Berinvestasi Saham Di Perusahaan E-sport Dan Gaming

Hai Sobat Melek Duit Tips Berinvestasi Saham Di Perusahaan E-sport Dan Gaming  Industri  e-sport adalah industri baru, dan dalam proses menuju kedewasaan, masih memiliki sisa-sisa karakteristik akar rumput. Banyak perusahaan, baik itu tim, organizer, atau startup yang berdiri pada mulanya sebagai passion project.

Tips Berinvestasi Saham Di Perusahaan E-sport Dan Gaming 
Foto oleh cottonbro dari Pexels


Mereka memang memiliki keahlian tertentu dan paham tentang industri esports, tapi mungkin masih kekurangan pengetahuan, pengalaman, serta koneksi untuk membesarkan bisnis mereka. Investor memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan baru terkait industri dan bisnis ini. Justru sering kali perusahaan esports bukan mencari investor yang sekadar menyuntikkan dana, tapi lebih butuh investor yang bisa mengarahkan mereka agar berkembang.



Kredibilitas


Dalam setahun terakhir industri  e-sport telah mendapatkan kredibilitas yang baik, namun masih butuh perbaikan agar dapat dipandang setara dengan industri-industri tradisional. Sering kali, ketika dilaksanakan diskusi dengan pelaku  e-sport, mereka akan memberikan edukasi terkait industri tersebut, termasuk cara kerja.

Tentunya kredibilitas mereka tak perlu diragukan lagi karena sudah terjun langsung dalam industri e-sport dan gaming.


Tips berinvestasi saham di perusahaan e-sport dan gaming


Seiring industri  e-sport memperoleh popularitas, jumlah investor yang berminat untuk terjun ke ekosistem ini pun semakin bertambah. Namun investor pun tidak semuanya punya tujuan yang sama, atau value proposition yang sama.

Dengan menjamurnya perusahaan kategori ini, kita perlu mempertimbangkan beberapa hal terkait perusahaan ini. Tak sekadar harga saham murah dan punya masa depan, berikut beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan:

Kepemilikan. Berapa besar ekuitas yang dilepas pemilik organisasi? Apakah pemilik awal masih tetap ingin memiliki kendali atas bisnisnya?Pengalaman dan koneksi industri.


Hal ini penting bila pemilik bisnis ingin melebarkan sayap ke pasar global, atau menurunkan biaya operasional.Keputusan pergi atau tinggal. Apakah pemilik bisnis masih akan terus menjalankan bisnisnya, atau ingin melakukan exit?Keselarasan.

Seperti apa kecocokan visi antara investor dan penerima investasi?Kekuatan manajemen. Mengingat e-sport adalah industri baru —dari sudut pandang investment viability— investor lebih suka bila penerima investasi memiliki tim manajemen yang kuat, supaya mereka dapat memanfaatkan wawasan serta merespons perubahan yang terjadi.Pengalaman.


Kebanyakan investor tidak punya pengalaman mendalam di industri e-sport karena itu pengalaman harus dimiliki oleh pihak manajemen.Dinamika industri.

Investor akan memandang industri esports dari kacamata makroekonomi untuk melihat performa dan risiko yang mungkin terjadi.Kualitas finansial. Aspek ini mungkin tidak begitu disyaratkan oleh investor venture capital, namun lebih penting bagi private equity.

Modal kerja adalah jumlah aset operasi yang ada dikurangi dengan jumlah liability. Aspek ini akan menentukan “harga beli” yang disepakati oleh investor. 

Tapi di dunia e-sport aspek ini masih belum terlalu penting, sebab kebanyakan perusahaan target investasi saat ini masih belum punya cukup waktu atau modal untuk menghasilkan aset yang cukup banyak.

Relasi dengan influencer karena influencer punya kekuatan besar yang mungkin bahkan bisa melampaui nilai ekonomi dari sebuah tim e-sport.

Keberadaan influencer populer bisa menarik minat brand untuk ikut berpartisipasi, karena brand exposure yang mereka dapatkan akan sangat besar.

Industri e-sport boleh berbangga hati dengan tingkat pertumbuhannya yang pesat. Tapi dari sudut pandang investasi tradisional, industri ini masih jadi tanda tanya bagi para investor saham, terutama mereka yang biasa berinvestasi pada saham perusahaan dengan model bisnis konvensional.


Bagaimana dengan kamu, tertarik berinvestasi saham di perusahaan e-sport dan gaming? Kamu juga bisa cari peluang cuan di sektor ini dengan mudah, hanya lewat Nanovest.io yang menjembatani kamu dengan saham-saham di bursa global seperti wall Street. Selamat berinvestasi!

Belum ada Komentar untuk "Tips Berinvestasi Saham Di Perusahaan E-sport Dan Gaming "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel